Manajemen waktu yang baik menjadi salah kunci meraih kesuksesan, kata Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Ilham Akbar Habibie di hadapan 500 mahasiswa baru Universitas Hasanuddin di Makassar.
Saat menjadi mahasiswa, menurut dia, merupakan masa-masa emas seseorang mampu dan berkeinginan besar untuk menyerap seluruh ilmu yang ada.
“Isilah waktu untuk menyerap seluruh ilmu tapi tetap harus memiliki prioritas, belajar secara efisien dengan mengetahui benar ritme biologis serta menguji diri sendiri,” ujarnya. Ia yang meraih gelar doktor di Technical University of Munich Jerman mengaku tidak pernah berhenti belajar.
“Saya pernah menjadi mahasiswa Fakultas Sastra Universitas Indonesia,” kata salah satu desainer sayap Boeing 737 saat menjadi salah satu insinyur spesialis di industri pesawat Amerika.
Ayah dari tiga anak ini juga lebih memilih mengisi waktu luangnya dengan membaca berbagai jenis buku atau majalah.
Bahkan, saat harus memutuskan meninggalkan bidang teknik penerbangan yang menjadi obsesinya sejak kecil, ia pun tak sungkan untuk kembali bersekolah pada bidang bisnis dan manajemen.
“Saya tidak memiliki rencana akan berkarir di luar bidang penerbangan, namun dengan berat hati saya memutuskan untuk meninggalkannya karena sebuah situasi dan memutuskan untuk berwiraswasta,” katanya.
Dari pengalaman ini, ia kemudian berkesimpulan bahwa dalam hidup, setiap orang harus realistis dan fleksibel menghadapi situasi karena kadang rencana tidak sesuai dengan kenyataan.
Kini, ia yang merupakan direktur utama dari tiga perusahaan dan komisaris dari lima perusahaan yang bergerak di bidang industri pengolahan.
Hal lain yang ikut menentukan kesuksesan, lanjutnya, adalah fokus, kedisiplinan dan keberuntungan yang ia simpulkan sebagai hasil pertemuan antara persiapan dan kesempatan.
Ilham yang menghabiskan lebih dari tiga dekade hidupnya di Jerman ini mengatakan, kesuksesan yang diraihnya saat ini juga tidak lepas dari hasil didikan orang tua Bacharuddin Jusuf Habibie dan Hasri Ainun Besari terutama kedisiplinan.
Menurut dia, para mahasiswa yang ingin berkarya di Sulsel harus mendalami bidang-bidang yang dinilai berpeluang di daerah tersebut
Ia menilai Sulsel memiliki pertumbuhan ekonomi bagus dan konsisten di bidang pertanian. Salah satu peluang yang ada adalah dengan menguasai pengetahuan di bidang industri untuk mengolah sumber daya alam agar memberikan nilai tambah.”Mahasiswa perlu mengerti bagaimana daerah atau negara kita di masa depan,” ujarnya.
Betapa seringnya kita  mendengar pepatah yang mengatakan ‘Waktu Adalah Uang. Tapi sebenarnya  berapa banyak di antara kita yang benar-benar dapat memanfaatkan waktu  yang kita miliki dengan sebaik-baiknya? Sebenarnya, jika Anda ingin  mengatur kehidupan Anda dan membuatnya menyenangkan, sebagai permulaan  yang Anda butuhkan adalah mengatur waktu Anda. Tak perlu dipertanyakan  lagi, pengaturan waktu yang efektif merupakan hal mendasar untuk lingkup  berbagai wilayah kehidupan. Pada kenyataannya, seringkali terdapat  perbedaan antara pencapai kehidupan sejati dan orang-orang yang, meski  sibuk, tak pernah sampai pada titik dimanapun.
Tak mengejutkan kalau dalam seluruh industri pengaturan waktu jadi  sebuah kebutuhan. Tapi jika Anda meninjau lebih dalam, Anda akan dapat  melihat bahwa sebenarnya pengaturan waktu tak jauh beda dengan manajeman  diri. Karena pada kenyataanya, Anda tak dapat mengatur waktu, tapi Anda  dapat mengatur diri sendiri dan apa yang Anda lakukan dalam setiap  kesempatan.
Kebanyakan ahli sepakat bahwa sukses merupakan hasil dari kebiasaan.  Oleh sebab itu, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memperlancar  bagaimana Anda menggunakan waktu, yakni dimulai dengan kebiasaan Anda  (kontrol diri). Dan kebiasaan ini dimulai sebagai pembuatan keputusan  secara sadar.
Sekali Anda bisa, seterusnya kebiasaan bagus ini jadi hal alami.  Dalam banyak kasus, sukses bukan dihasilkan dari hal yang tak biasa,  tapi lebih sebagai hasil dari kemampuan seseorang untuk ‘menguasai  keduniawian’. Dengan konsisten menampilkan seluruh tugas penting yang  belum sempurna, sejalan dengan waktu aktivitas ini akan berubah jadi  pencapaian besar.
Berikut beberapa aturan sederhana yang dapat diikuti untuk melakukan pengaturan waktu yang lebih baik:
– Jangan Menangguhkan. Lakukan saat ini juga. Saat orang menunda  sesuatu, itu berarti membunuh daya gerak pencapaian pada tujuan saat ini  dan menghalangi kesempatan di masa mendatang lantaran waktu yang  tersumbat. Cara untuk mencegah penundaan adalah dengan merancang  deadline untuk tujuan yang harus dicapai. Menghindari deadline terakhir  membawa penundaan yang diatur tujuan sebagai perantara untuk mencapai  setingkat demi setingkat menuju tujuan.
– Lacak Aktivitas Anda. Memori adalah penuntun yang payah, jika ini  berhubungan dengan menetapkan bagaimana Anda melewatkan waktu Anda. Cara  terbaik untuk merekam aktivitas Anda sepanjang hari adalah dengan  mendata apa yang Anda lakukan. Kebanyakan orang akan menemukan kalau  mereka memiliki tiga jam dalam tiap hari yang sebenarnya dapat digunakan  untuk hal yang lebih membangun atau tindakan yang efisiean. Kurangi  waktu yang Anda gunakan untuk bertelepon, membolak-balik majalah  atausurfing di web yang tak mengahasilkan apapun, dan batasi  kegiatan-kegiatan yang tak penting.
– Berkonsentrasi Pada Hasil. Banyak orang melewatkan waktu mereka  sepanjang hari dengan aktivitas yang hiruk-pikuk, tapi hanya sedikit  membuahkan hasil. Itu semua terjadi karena mereka tak berkonsentrasi  pada hal yang benar. Jangan terkecoh antara bekerja secara efisien dan  bekerja secara efektif. Aktivitas dapat memang kadang dapat membebaskan  dari tekanan tapi itu tak mencapai tujuan Anda. Dengan lebih  berkonsentrasi pada sedikit preoritas ‘utama’ secara teratur. Anda dapat  mencapai lebih banyak hal dalam waktu singkat.
– Ingat Prisip 80/20. 20% kunci aktivitas Anda akan memberi Anda 80%  dalam bentuk hasil. Tujuan Anda adalah mengubah ini untuk memastikan  kalau Anda berkonsentrasi sebanyak usaha yang mungkin Anda lakukan untuk  hasil tertinggi dari tujuan.
– Gunakan Waktu Perjalanan Dengan Bijaksana. Sangat mudah untuk  mengabaikan waktu yang dilakukan untuk menempuh perjalanan dalam  penafsiran manajeman waktu. Pertimbangkan dengan hati-hati apakah ini  merupakan waktu yang sesuai dimana Anda dapat juga menggunakannya secara  lebih produktif. Sebagai contoh, jika Anda memilih naik bus atau kereta  untuk menuju tempat kerja, apakah ini menyediakan kesempatan untuk  membuat penggunaan waktu Anda jadi lebih baik? Atau jika Anda nyetir  sendiri, apa Anda bisa mendengarkan rekaman pendidikan atau motivasional  yang dapat membuat Anda memperbaiki ketrampilan dan lebih produktif?
– Bangun Rancangan Aksi. Sebuah rencana tindakan merupakan daftar  pendek dari tugas yang harus dilengkapi untuk mencapai sebuah tujuan.  Ini beda denganTo Do list dimana fokus utmanya adalah pencapaian tujuan,  (dan langkah untuk mencapainya secara spesifik) dari pada hanya membuat  tujuan untuk dicapai dalam periode waktu. Kapanpun Anda ingin mencapai  sesuatu, buat gambaran gambalng dari rencana tindakan, ini akan memberi  Anda kesempatan untuk lebih berkonsentrasi pada tahap pencapaian itu,  dan memonitor kemajuannya dalam perwujudan.
– Merespon Dengan Cepat. Sebagai contoh, urus mail Anda begitu Anda  menerima surat. Jangan biarkan tagihan dan surat-surat itu membebani  Anda. Jika Anda tak bisa membalas sebuah surat saat itu juga, buat file  di tempat khusus yang mudah dilihat, dan tuliskan di amplop tindakan  yang dibutuhkan serta tanggal dimana Anda dapat menyelesaikannya.Ketika  memungkinkan, lakukan tindakan pada hari yang sama saat Anda  menerimanya. Jangan biarkan komputer, meja dan pikiran Anda jadi  bertumpuk dengan hal yang tak berguna.
– Bersikap Tegas. Belajarlah berkata tidak pada orang lain. Waktu  Anda sangat berharga. Jadi jangan biarkan orang lain menentukan atau  memanfaatkan Anda untuk kepentingan rencana mereka. Batasi gangguan  sebisa mungkin. Tutup pintu Anda, matikan nada dering telepon atau minta  dengan terus terang agar Anda tidak diganggu.
– Jadwalkan Waktu Untuk Bersantai. Saat Anda mengatur waktu dan bisnis Anda, pastikan untuk menyisihkan saat untuk bersantai.
Tugas pertama Anda untuk dapat mengatur waktu dengan lebih baik  adalah membuat daftar seberapa banyak waktu yang Anda buang sia-sia  selama sehari, dari sana atur ulang aktivitas Anda untuk melakukan yang  lebih maksimal dalam setiap menit. Lebih dari segalanya,  berpegangteguhlah pada rencana Anda. Jadwal yang Anda buat hanya dapat  terlaksana dengan benar hanya jika Anda keukeh dengan itu. Nah, dengan  mengikuti tips ini kami harap Anda akan memiliki lebih banyak ruang  untuk melakukan hal-hal yang ingin Anda capai dalam hidup  Anda. (fn/ant/kp) www.suaramedia.com
Source: New feed